1. Bagaimana Teknologi Informasi meningkatkan pengendalian Intern
Kebanyakan entitas, termasuk bisnis kecil yng dimiliki keluarga berdasar pada TI untuk mencatat dan memproses transaksi bisnis. Sebagai hasil kemajuan luar biasa dalam di dalam TI, bahkan bisnis yang relatif sederhana menggunakan komputer pribadi dengan perangkat lunak akuntansi yang dibeli untuk proses akuntansi mereka. Penggunaan lingkungan jaringan yang kompleks, internet dn fungsi TI terpusat adalah umum dalam bisnis saat ini.
Peningkatan ke pengendalian internal sebagai hasil pengintegrasian TI kedalam sistem akuntansi meliputi yang berikut:
Mamfaat yang nyata dari TI, seperti kemampuan untuk menangani volume yang luar biasa dari transaksi bisnis yang rumit secara hemat biaya, menyebabkan organisasi untuk menggunakan TI sepanjang proses pelaporan keuangan mereka. Satu keuntungan TI adalah kemampuan untuk meningkatkan pengendalian internal dengan menggabungkan kendali yang dilakukan komputer dalam aktivitas proses transaksi sehari-hari. Menggantikan prosedur manual dengan pengendalian yang diprogramkan yang menggunakan cek dan saldo bagi masing-masing transaksi yang diproses dapat mengurangi kesalahan manusia yang mungkin terjadi dalam lingkungan manual yang tradisional. Suatu sistem TI yang terkendali menawarkan potensi lebih besar untuk mengurangi salah saji karena komputer memroses informasi secara konsisten. Contoh dari pengendalian internal yang dilakukan oleh komputer yang pernah diproses oleh karyawan sedang membandingkan pelanggan dan nomor produk dengan arsip induk dan membandingkan jumlah transaksi penjualan dengan batas kredit yang telah diprogram. Pengendalian keamanan online dalam aplikasi, data-base, dan sistem operasional juga menyediakan peluang untuk meningkatkan pemisahan dari kewajiban.
• Tersedianya informasi dengan mutu lebih tinggi. Sekali manajemen yakin tentang keandalan informasi yang dihasilkan oleh TI, penggunaan manajemen atas informasi itu menawarkan potensi lebih lanjut untuk meningkatkan keputusan manajemen. Pertama-tama, lingkungan TI yang kompleks umumnya diatur secara efektif karena kompleksitas memerlukan organisasi yang efektif, prosedur, dan dokumentasi. Kedua, sistem TI biasanya menyediakan bagi manajemen lebih banyak informasi dengan mutu lebih tinggi dengan lebih cepat dari kebanyakan sistem manual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar